27 Februari 2008

Agar Anak Tidak Bingung

Tips agar anak-anak tumbuh dengan baik:

  1. Katakan apa yang Anda inginkan terjadi, jangan membuat anak mencari-cari sendiri makna dari ucapan atau tindakan Anda. Janganlah terlalu suka memelototi anak dan berharap mereka akan mengerti apa maksud Anda, mereka akan mencari makna dan akhirnya tumbuh dengan sikap penuh keraguan dan takut berbuat salah. Jika Anda ingin dia menghentikan tindakannya langsung katakan, "Sudah cukup. Hentikan sekarang. Sebenarnya apa yang kamu inginkan?"
  2. Akui dan hargailah perasaan mereka. "Kamu lagi jengkel ya, sedih ya, atau kecewa? Kamu jengkel karena ...... (mainanmu direbut oleh adik ya, atau Mama/Papa membentak kamu ya, atau apapun penyebabnya). Yaa .... Mama/Papa mengerti dan bisa merasakan hal itu. Mama/Papa sendiri juga akan jengkel atau marah jika diperlakukan seperti itu. Menurut kamu apa yang bisa dilakukan agar perasaan jengkelmu hilang? Apa kamu mau minum dulu? Atau melakukan .....
  3. Bersikaplah konsisten. Tindakan dan ucapan kita harus selaras. Selain itu kita sebagai pasangan juga harus konsisten dan sepakat dengan berbagai aturan. Jangan sampai kita mengijinkan hal tertentu tetapi pasangan kita mengijinkannya atau sebaliknya. Jika hal itu sering terjadi maka si anak juga akan mencari sendiri kebenaran makna dari ucapan atau tindakan itu.

    Semoga Anda mengerti bahwa kita orangtua senantiasa meng-hypnosis anak kita, pastikan kita meng-hypnosis mereka dengan hal-hal yang benar.

    Sumber : www.SekolahOrangtua.com

Tidak ada komentar:


 
p